Mengapa Lampu Kabin Pesawat Dimatikan Saat Takeoff & Landing?

Jika Anda naik pesawat terbang, pasti mendapati lampu kabin diredupkan saat takeoff dan landing. Sehingga, ruang kabin menjadi lebih gelap. Tahukah Anda mengapa selalu demikian?

Meredupkan lampu kabin merupakan standar keselamatan saat takeoff dan landing yang merupakan saat-saat kritis dalam penerbangan. Terutama untuk penerbangan saat senja, malam, ataupun dini hari.

Meredupkan lampu kabin merupakan tindakan berjaga-jaga untuk proses evakuasi. Dengan lampu yang redup, mata penumpang bisa dengan cepat menyesuaikan dengan lingkungan jika terjadi kondisi darurat.

Apabila ruang kabin tetap terang benderang, dan kemudian terjadi kondisi darurat, lampu tiba-tiba padam, maka akan sangat sulit untuk proses evakuasi. Sebab, mata penumpang akan butuh waktu lama untuk menyesuaikan atau fokus dari kondisi terang ke gelap.

Bayangkan jika kita berada di sebuah ruangan yang terang benderang, namun belum kita kenal dan penuh rintangan, terus kemudian tiba-tiba lampu dimatikan dan kita diminta untuk keluar dengan cepat. Pasti yang terjadi hanyalah kepanikan. Inilah yang tak diinginkan saat proses evakuasi.

Karena setiap detik sangat berharga dalam proses evakuasi saat kondisi darurat, maka meredupkan lampu merupakan salah satu dari beberapa langkah untuk menjamin keamanan penumpang. (Sumber: www.travelandleisure.com)

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar